Campaign cover image

100 Sleeping Pods Untuk Tenaga Medis

Hampir dua bulan COVID-19 telah mengubah hidup kita. Dampak pandemi ini terasa di berbagai lapisan, mulai dari aktivitas yang kini hanya bisa dilakukan di rumah, kondisi ekonomi yang melemah, pekerja yang terpaksa dirumahkan, serta kebutuhan tindakan medis yang terus melonjak.

Kita mungkin tidak bisa membantu dan memperbaiki semua hal. Namun, tak ada salahnya mulai membantu di sektor-sektor yang bisa kita kerjakan. Di sini, kami mengajak kalian untuk membantu para pejuang medis yang tidak bisa bekerja di rumah saja dan harus mempertaruhkan nyawa mereka setiap hari.

Tenaga medis adalah penjaga pertahanan akhir masyarakat. Pandemi ini memaksa mereka bekerja ekstra keras untuk merawat pasien COVID-19 dan penyakit lain, memberikan informasi akurat bagi masyarakat, melakukan pemeriksaan, dan masih banyak aktivitas lainnya. Tak sedikit yang hanya punya waktu beberapa jam untuk istirahat. Tak sedikit pula yang bahkan tak bisa berkumpul dengan keluarga karena khawatir membawa virus dari tempat kerja. Bahkan, ada beberapa kasus di mana tenaga medis tak bisa kembali ke rumahnya karena ditolak masyarakat sekitar yang ketakutan.

Melalui penggalangan dana ini, kami ingin membangun sleeping pods, atau bilik istirahat, di beberapa rumah sakit rujukan COVID-19. Bilik istirahat ini akan dikhususkan bagi tenaga medis yang butuh istirahat di sela-sela jadwal kerja mereka yang panjang, sehingga mereka dapat istirahat dengan baik dan tetap menjaga kesehatan mereka. Harapannya, tak ada lagi tenaga medis yang harus tidur di lantai atau di pojokan ruangan yang dingin.

Bersama BenihBaik.com, Bobobox, dan para donatur, kami akan membangun dan mendistribusikan bilik istirahat ini ke rumah sakit rujukan kasus COVID-19 di Jakarta dan Jawa Barat, dengan jumlah bilik 4-10 per lokasi sesuai kebutuhan. 

Hingga saat ini, lebih dari 30 rumah sakit sudah mendaftar dan setuju untuk menerima dan merawat bilik istirahat ini. Melalui program CSR Bobobox dan Li Ka Shing Foundation sebelumnya, 12 rumah sakit telah menerima 100 bilik istirahat. Kami berharap penggalangan dana ini dapat membangun paling tidak 100 bilik lagi bagi rumah sakit lainnya. Untuk akuntabilitas penggunaan dana, kami akan memberikan update berkala bagi pendonor.


Tentang penggalang dana:

Alpha JWC Ventures adalah firma modal ventura yang memberikan modal dan dukungan bisnis bagi perusahaan rintisan (startup) di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Dengan penggalangan dana ini, Alpha JWC berharap dapat mengumpulkan dana dari jaringannya serta masyarakat luas untuk membangun bilik istirahat yang layak bagi pekerja medis di rumah sakit agar mereka tetap dapat bekerja secara optimal selama masa kritis ini.

#TanamKebaikan

    Pencairan Dana 23.000.000

    Ke rekening ****8181 a/n PT Bobobox Mitra Indonesia


    Pencairan tahap 3 dana donasi TemanBaik untuk pelunasan sisa untuk pengadaan dan penyaluran 2 set sleeping pods ke RSCM oleh Bobobox

    Standard Chartered Mendonasikan 8 Sleeping Pods Kepada Rumah Sakit Cipto Mangungkusumo

    Standard Chartered ikut berkontribusi dalam aksi penanggulangan virus Covid-19 di Indonesia. Standard Chartered memilih BenihBaik.com sebagai mitra untuk menyalurkan donasi mereka kepada beberapa rumah sakit yang membutuhkan. Dana donasi tersebut digunakan salah satunya untuk pengadaan Sleeping Pods atau bilik tidur untuk para tenaga medis yang bertugas menangani pasien Covid-19.

    Sebagaimana TemanBaik lihat di berbagai media, bahwa tenaga medis yang menangani Covid-19 di banyak rumah sakit di Indonesia tidak dapat beristirahat dengan nyaman. Bahkan banyak dari mereka yang sangat meresa kelelahan sampai tertidur di lantai rumah sakit.

    Dengan sleeping pods ini diharapkan, para garda terdepan dapat beristirahat dengan nyaman setelah seharian penuh merawat pasien Covid-19. Rumah sakit pertama yang mendapatkan bantuan sleeping pods dari Standard Chartered yang berkerjasama dengan BenihBaik.com, Bobobox & Alpha JWC Ventures adalah RSCM (RS Cipto Mangunkusumo) Jakarta. Di rumah sakit ini disiapkan 8 sleeping pods, dimana di setiap 1 podsnya terdapat 2 bilik tidur. Setiap podsnya sudah dilengkapi dengan 2 kasur ukuran single, bantal, guling, sekat (perkasur) & pendingin ruangan (yang berupa air purifier untuk membunuh bakteri).

    Pencairan Dana 177.000.000

    Ke rekening ****8181 a/n PT Bobobox Mitra Indonesia


    Pencairan tahap 2 untuk pengadaan & penyaluran sleeping pods dari donasi TemanBaik kepada beberapa RS oleh Bobobox

    Pencairan Dana 800.000.000

    Ke rekening ****8181 a/n PT Bobobox Mitra Indonesia


    Pencairan tahap 1 dari donasi partner Standard Chartered untuk pengadaan & penyaluran sleeping pods untuk beberapa Rumah Sakit oleh Bobobox

    Perawat 3

    Nyender di tembok, berselimutkan jas hujan plastik

    Perawat 2

    Karena tak ada tempat, para perawat ini tidur di lantai

    Perawat 1

    Saking letihnya, perawat ini tertidur di kursi tunggu

 
logo-benihbaik

BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kominfo BenihBaik.com
Kemensos BenihBaik.com