Campaign cover image

Bantu Anak Dan Keluarga Rentan Melawan Covid-19

Pada Desember akhir tahun 2019, dunia dikejutkan dengan mewabahnya sebuah virus baru bernama virus Corona (COVID-19). Indonesia tak luput dari wabah ini. Di seluruh dunia, ratusan ribu orang telah terinfeksi dan belasan ribu orang meninggal disebabkan oleh virus COVID-19 yang menyebar.

Berdasarkan data UNESCO, sekitar 1,37 Milyar anak di seluruh dunia tidak bersekolah saat ini sebagai dampak dari menyebarnya virus COVID-19. Anak-anak harus belajar dari rumah secara online, baik anak-anak yang punya sumber daya hingga anak-anak yang punya keterbatasan. Meluasnya wabah juga mengakibatkan terjadinya panic buying oleh masyarakat, terutama untuk kebutuhan masker, hand sanitizer, sabun, hingga bahan baku kebutuhan harian untuk hidup. Banyak keluarga kesulitan membeli barang, entah habis di pasaran ataupun harga melonjak tinggi. Tidak hanya itu, banyak keluarga kesulitan ekonomi dikarenakan sebagian besar perusahaan berhenti beroperasi sementara sehingga mereka tidak bisa bekerja, terutama para pekerja harian.

Hal ini yang pada akhirnya membuat tidak semua keluarga, dan tidak semua anak-anak bisa memiliki perlindungan diri dan bekal kebutuhan yang memadai, termasuk lebih dari 5.500 anak asuhan dan dampingan SOS Children’s Villages Indonesia yang telah kehilangan pengasuhan orang tua ataupun yang berasal dari keluarga rentan.

Faktanya, 1 dari 10 anak di seluruh dunia tidak memiliki pengasuhan orang tua yang memadai. Dalam situasi krisis, kelompok ini sangat rentan. Meskipun virus tidak berdampak risiko kesehatan langsung bagi sebagian besar anak-anak ini, tapi ini merupakan risiko besar bagi kesejahteraan dan perkembangan hidup mereka.

Bersama-sama kita dapat melakukan bagian kita untuk membantu anak-anak ini. Kami tidak bisa bergerak sendiri. Kami mengajak Sahabat sekalian untuk bersama-sama mengulurkan tangan demi membantu anak-anak dan keluarga rentan melawan COVID-19.

Donasi yang TemanBaik berikan melalui SOS Children’s Villages Indonesia sepenuhnya digunakan untuk:

  1. Perlindungan dan pencegahan penyebaran virus corona untuk 5.500 anak yang telah atau berisiko kehilangan pengasuhan orang tua. Memastikan tercukupinya kebutuhan pengasuhan, nutrisi, dan pokok harian bagi anak-anak dan 2.300 keluarga rentan di Indonesia. Selain itu, menjamin proteksi kesehatan mereka dengan suplai obat-obatan, vitamin dan alat medis serta kebutuhan higienis yang mendukung, seperti masker, sabun, dan lainnya.
  2. Memperkuat penghidupan dan memberikan dukungan sosial bagi keluarga yang berisiko ambruk karena dampak dari penyebaran corona. SOS Children’s Villages Indonesia mendampingi 2.300 keluarga di 72 area di Indonesia. Bagi keluarga yang sudah berada di bawah tekanan ekonomi, krisis corona akan semakin memperburuk situasi genting mereka. Bahkan, lebih banyak keluarga kemungkinan akan jatuh berantakan dalam situasi krisis ini.
  3. Memberikan perlindungan dan dukungan psikososial untuk kesejahteraan mental anak-anak dan keluarga yang rentan. Anak-anak yang berisiko dipisahkan dari orang tua atau mereka yang hidup tanpa orang tua mereka, sering mengalami trauma. Krisis corona dapat menambah kecemasan bagi anak-anak ini, terutama ketika dihadapkan dengan kata 'penguncian' dan karantina.
  4. Memastikan kebutuhan pendidikan bagi 5.500 anak yang rentan. Pendidikan terganggu. Sekolah sangat penting bagi anak-anak yang rentan untuk memiliki kesempatan menjadi sukses dalam kehidupan. Dalam situasi krisis ini, akses kependidikan merupakan tantangan besar. Homeschooling menggunakan alat virtual sering kali merupakan satu-satunya solusi. Namun, anak-anak rentan yang menjadi fokus SOS Children’s Villages Indonesia sering kali memiliki keterbatasan atau tidak memiliki akses ke alat dan teknologi virtual yang diperlukan.

Donasi TemanBaik akan sangat membantu mereka melawan COVID-19 dan untuk memastikan terjaminnya kehidupan serta kesejahteraan ribuan anak dan keluarga yang rentan. Mari bersama-sama kita lawan COVID-19!

Terima kasih atas bantuan Sahabat semua. Jaga kesehatan dan semoga kita semua terhindar dari segala rupa penyakit. Bersama-sama kita bisa. Stay safe! #TogetherForChildren

 

BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kominfo BenihBaik.com
Kemensos BenihBaik.com