Campaign cover image

Perempuan Ini Menampung Orang-orang Dengan Gangguan Jiwa Di Rumahnya

Ini kisah seorang perempuan yang terpanggil untuk merawat orang-orang dengan gangguan jiwa. Namanya Utiyah, warga Dusun Jurutengah, Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo, Jawa Tengah. Dengan segala keterbatasannya, perempuan ini menampung dan merawat orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan di rumahnya. Lebih istimewa lagi,  Utiyah merawat orang gila tanpa dibayar. Bagi penderita yang tak mampu bahkan tidak dipungut biaya. Keikhlasan dan semangat ingin membantu kesembuhan “orang-orang yang terpinggirkan”, membuat istri Hamid Mustaqim itu rela menjadikan rumah pribadinya sebagai penampungan bagi orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan.

Utiyah melakukan kegiatan ini sejak 2003. Panti rehabiltasi di rumah Utiyah ini diberi nama Dzikrul Ghoflin. Kini Panti Dzikrul Ghofilin menampung 85 pasien yang datang bukan hanya dari Wonosobo, namun dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Bahkan ada dari luar Pulau Jawa. Untuk membiayai pantinya, Utiyah menggunakan gajinya sebagai guru agama di SD Erorejo, selain dari sejumlah donatur tidak tetap. Ayo kita bantu Utiyah agar kegiatannya dapat berlanjut.

    Pasien Jiwa Yayasan Dzikrul Ghofilin Bisa Beristirahat Dengan Nyaman .

    Meski sempat terhambat namun rencana pembangunan ini berjalan dengan lancar dan sesuai timeline, dimana pada minggu ke 3 bulan Mei mereka melakukan pemasangan dinding dan finishing bangunan. Selain untuk membuat bangunan yang nyaman, sedikit dana sisa pembangunan ini juga dibelanjakan beberapa bahan pokok pangan (beras) untuk kebutuhan sehari-hari para pasien (sehari saja butuh hingga 80 kg beras untuk 140 pasien yang menjadi penghuni yayasan).

     Berkat uluran tangan dari TemanBaik & para pengguna Tokopedia, pasien jiwa binaan Yayasan Dzikrul Ghofilin sudah bisa tidur dengan nyenyak. Sebelumnya karena keterbatasan dana tempat istirahat para penghuni yayasan yang hanya beralaskan kayu lapuk serta beratapkan genting rapuh ini membuat penghuninya tidak nyaman dalam beraktivitas, terutama saat musim penghujan tiba. Namun dengan donasi dari para donatur dan pengguna Tokopedia, Yayasan Dzikrul Ghofilin mulai berbenah diri & membuat tempat peristirahatan pasien jiwa semakin nyaman dihuni. Saat ini tidak ada pasien bimbingan yang tidur kedinginan atau pun basah kuyup karena di guyur air hujan.

    Alhamdulillah dengan selesainya pembangunan renovasi gedung pelayanan penanganan gangguan jiwa Yayasan Dzikrul Ghofilin, segenap pembimbing yayasan mengucapkan terima kasih kepada para donatur khususnya para pengguna Tokopedia. Semoga dengan pembangunan ini dapat meningkatkan pelayanan pasien selama proses rehabilitasi dan mempercepat proses kesembuhan pasien. Semoga amal baik para donatur diterima oleh Allah SWT. Serta mendapat pahala dan balasan yang berlipat ganda serta dicatat sebagai amal sholeh.


    Salam,

    Yuli Utiyah - Penanggung Jawab Pelaksana Yayasan Dzikrul Ghofilin

     

    Renovasi Bangunan Yayasan Dilakukan Dengan Cepat Dan Sesuai Timeline

    Renovasi dimulai sejak 15 April 2020 lalu, dimana pada hari pertama ini para penghuni yayasan bergotong royong untuk menurunkan genting-genting yang mulai rusak untuk dilakukan perbaikan atap bangunan.  Setelah pembongkaran atap, di minggu ke 3 bulan April tersebut juga langsung dilakukan proses pemasangan atap baru agar para pasien bisa tidur dengan nyenyak dibawah atap yang kokoh.

    Lanjut di minggu ke 4 bulan April 2020, rehabilitasi bangunan dilanjutkan dengan membongkar dak(alas) kayu dan rangka besi. Setelah proses pembongkaran selesai, di minggu ke 5 mulai pengerjaan pemasangan rangka cor dasar bangunan lantai 1. Lantai 1 ini akan digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan makanan mentah dan beberapa areanya dipakai untuk ruang isolasi pasien yang masih agresif.

    Memasuki awal bulan Mei atau tepatnya pada hari ke-17 proses renovasi Yayasan Dzikrul Ghofilin, progres pembangunan sudah mencapai 70%. Namun karena pada saat itu wilayah sekitar yayasan menjadi zona merah Covid-19, pembangunan menjadi sedikit terhambat. Pada hari Jumat, 8 Mei 2020, bangunan yayasan Dzikrul Ghofilin sudah hampir beres sekitar 80%. Hal ini didukung dengan kerjasama pekerja bangunan dengan para pasien laki-laki yang bergotong royong dalam proses pengecoran tempat istirahat pasien laki-laki di lantai 2. Selain menjadi tempat istirahat area tingkat tersebut juga akan difungsikan sebagai tempat beribadah.

    Terima Kasih Untuk Donasi Dari Para Pengguna Tokopedia

    Saat ini ada 141 pasien di Yayasan Dzikrul Ghofilin, yang terdiri dari 92 Laki-laki dan 49 perempuan. Hampir 75% penghuni yayasan berasal dari keluarga tidak mampu sehingga hal ini menjadi permasalahan tersendiri bagi Yayasan Dzikrul Ghofilin.

    Terlebih gedung tempat istrahat pasien 70% mengalami kerusakan ditambah saat ini sedang musim hujan sehingga atap bocor ada dimana-mana. Yayasan Dzikrul Ghofilin sudah sejak lama berencana untuk memperbaiki atap dan gedung yang rusak. Akan tetapi kendala danalah yang membuat pihak Pengurus Yayasan Dzikrul Ghofilin tidak bisa berbuat banyak.

    Dengan adanya Donasi dari Pengguna Tokopedia sejumlah Rp.190.184.960,- ke Yayasan Dzikrul Ghofilin sangat membantu Pengurus Yayasan dalam mewujudkan harapan untuk memperbaiki Gedung tempat istirahat pasien yang mengalami kerusakan. Dana tersebut akan digunakan semaksimal mungkin oleh pengurus untuk perbaikan Gedung yang mengalami kerusakan. Pengurus Yayasan Dzikrul Ghofilin sangat optimis dengan gedung yang tidak rusak maka akan membuat pasien beristirahat lebih nyaman dan hal ini akan membuat proses terapi penyembuhan pasien akan lebih cepat.

    Hanya kata trimakasih yang sebesar besarnya yang bisa diucapkan segenap Keluarga Besar Yayasan Dzikrul Ghofilin kepada para Donatur Pengguna Tokopedia. Semoga Tuhan Yang Maha Esa Membalas semua kebaikan Bapak/Ibu sekalian.

    Pencairan Dana 190.187.860

    Ke rekening ****017284539 a/n Yayasan Dzikrul Ghofilin


    Perempuan ini menampung orang orang dewngan gangguan jiwa di rumahnya.

    Yuli Utiyah Masih Kebingungan Dengan Atap Yang Bocor

    Saya Yuli Utiyah, Dari yayasan Dzikrul Ghofilin mengucapkan terima kasih atas donasi dari donatur BenihBaik.com 
    Yang sangat mendesak adalah rehab tempat istirahat bagi pasien gangguan jiwa, data perhari ini total pasiean 146 terdiri dari Laki-laki 95 perempuan 51 dengan jumlah pasien yang saat ini begitu banyak dan  kondisi saat ini yang sedang musim penghujan serta tempat isirahat bagi pasien mengalami banyak kerusakan maka menjadi masalah utama bagi Yayasan untuk segera diperbaiki, agar pasien dapat istirahat dengan layak dengan harapan rehabilitasi bagi pasien gangguan jiwa dapat lebih tertangani secara optimal. Begitu pak kondisi saat ini yayasan pak, sangat memprihatinkan sekali.  Kami ucapkan terima kasih atas bantuanya. 

    Pencairan Dana 401.670

    Ke rekening ****017284539 a/n Yayasan Dzikrul Ghofil


    Perempuan Ini Menampung Orang-orang Dengan Gangguan Jiwa di Rumahnya

 

BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kominfo BenihBaik.com
Kemensos BenihBaik.com