Campaign cover image

Bantu yang Terancam Kelaparan Karena Corona

Ada jutaan orang terdampak krisis akibat wabah corona, yang tidak bisa bekerja dan sehingga kehilangan mata pencariannya sehari-hari. Apalagi di kota dan pinggir kota seperti di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi sebagai pusat episentrum Corona, ada jutaan orang yang kalau hari ini tidak kerja, ya tidak bisa beli makan untuk keluarga.




Ayuk kita bantu segera. Jangan sampai wabah virus juga jadi wabah kelaparan.

Forum DMTK (Desa Mandiri Tanpa Korupsi) dan Koperasi KOBETA mengajak kita semua bergerak untuk kumpulkan donasi yang nantinya dirupakan sembako seperti beras, telur ayam, minyak goreng. Penyaluran sembako akan melalui jaringan teman-teman yang sudah punya data by name by address penerima manfaat, sehingga bisa mengkoordinir pengiriman langsung paket sembakonya ke penerima manfaat, tanpa kerumunan.

Salam Kompak! Ayo Bergerak!


A. Bahruddin (Presiden Forum DMTK)
R. Abrori (Ketua Koperasi KOBETA)


    Pencairan Dana 44.111.575

    Ke rekening ****001110560 a/n Koperasi Benih Kita Indonesia


    Pencairan dana donasi TemanBaik untuk penyaluran paket sembako kepada petugas sampah di TPA Bantar Gebang oleh DMTK & Kobeta

    Pencairan Dana 26.315.789

    Ke rekening ****001110560 a/n Koperasi Benih Kita Indonesia


    Pencairan dana donasi tahap 8 untuk penyaluran paket sembako kepada masyarakat membutuhkan terdampak Covid-19 oleh Kobeta

    Pencairan Dana 19.030.950

    Ke rekening ****001110560 a/n Koperasi Benih Kita Indonesia


    Pencairan dana donasi Ruangmom x OCBC untuk penyaluran paket sembako ke masyarakat membutuhkan yang terdampak Covid-19

    Pencairan Dana 40.000.000

    Ke rekening ****001110560 a/n Koperasi Benih Kita Indonesia


    Pencairan tahap 6 donasi TemanBaik untuk penyaluran paket sembako & dapur umum kepada masyarakat membutuhkan yang terdampak Covid-19 oleh Koperasi Kobeta & Forum DMTK

    Kontribusi Temanbaik Untuk Kesejahteraan Masyarakat Terdampak Covid-19


    Pencairan Dana 47.500.000

    Ke rekening ****001110560 a/n Koperasi Benih Kita Indonesia


    Pencairan tahap 5 dana donasi dari partner Telkomsel untuk penyaluran paket sembako kepada masyarakat membutuhkan yang terdampak Covid-19 oleh Koperasi KOBETA & Forum DMTK

    Pencairan Dana 31.000.000

    Ke rekening ****001110560 a/n Koperasi Benih Kita Indonesia


    Pencairan tahap 4 untuk pengadaan & penyaluran sembako kepada masyarakat membutuhkan yang terdampak Covid-19, serta untuk membangun Dapur Umum demi memenuhi kebutuhan gizi masyarakat kurang mampu

    500 Paket Sembako Disalurkan & 4 Dapur Umum Dibangun Dari Dana Donasi Live Stream Fest

    Koperasi Kobeta dan Forum DMTK (Desa Mandiri Tanpa Korupsi) menjadi salah satu mitra yang dipercaya untuk menyalurkan bantuan paket sembako dari donasi Live Stream Fest. Kobeta & DMTK sudah mulai melaksanakan proses distribusi sejak 19 Mei 2020 lalu, dari donasi yang mereka terima kedua mitra ini mengubahnya jadi 500 paket sembako yang disalurkan kepada masyarakat kurang mampu yang secara langsung ekonominya terdampak wabah Covid-19.

    Ada yang unik dari paket sembako olahan Kobeta & DMTK ini, karena selain paket ini ditujukan sebagai bantuan kepada masyarakat namun isi paket ini pun merupakan hasil dari kerja keras para petani lokal. Antara lain seperti minyak goreng "Jujur" & Kecap "TuguJawa" merek lokal dari produsen UMKM setempat, jadi selain membantu dari segi pengadaan sandang pokok namun juga membantu dari segi pendapatan petani lokal yang banyak merugi di masa pandemi seperti saat ini. Selain itu untuk kemasan paket sembakonya mereka pun menggunakan tas puring yang dapat dipakai berulang kali, Kobeta & DMTK berusaha untuk meminimalisir penggunaan plastik agar tidak menimbulkan masalah baru pada lingkungan.

    Nilai dari 1 paket sembako berkisar Rp. 77.000,- yang berisikan beras 2,5 kg, gula 0,5 kg, minyak goreng 450 ml, kecap 135 ml, kentang 0,5 kg & masker kain 2 pcs. 500 paket sembako ini disebar ke 8 titik di sekitara Jakarta & Bogor antara lain kampung belakang lampu merah Halim (100 paket), kampung lapak pemulung di daerah Cakung (100 paket), Desa Putatnutug & Karihkil (Parung - 100 paket), kampung Nelayan Muara Angke (50 paket), kampung Nelayan Ancol Barat (50 paket) dan beberapa kawasan marjinal disekitar Bukit Duri, Kp Melayu, Teluk Gong.

    Untuk distribusi di kawasan Parung, Bogor paket sembako ditujukan kepada para lansia, janda tanpa penghasilan, pekerja lepas & beberapa buruh yang terkena PHK.

    Distribusi yang dilakukan oleh Kobeta & DMTK selalu dengan sistem one on one, dimana paket sembako ini disalurkan langsung ke lokasi sang penerima manfaat, tentunya dengan protokol keamanan dan kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Seperti yang dilakukan di area kampung yang berada dibelakang lampu merah Halim, Jakarta Timur, kawasan ini meski berada di tengah kota Jakarta namun beberapa dari warganya merupakan buruh dan pekerja lepasan. Di masa pandemi ini, mereka merasakan sekali dampak dari pembatasan sosial yang harus dilakukan, pendapatan mereka pun jadi terhambat bahkan ada yang putus kerja. Sedikit fakta di daerah ini jika hujan lebat dan terjadi banjir, makan pemukiman tersebut bisa tenggelam hingga mencapai dasar lantai 2 maka dari itu kami cukup prihatin untuk senantiasa memberikan uluran tangan kepada masyarakat di wilayah ini agar dapat bertahan di tengah wabah Covid-19.

    Selain 500 paket sembako, Kobeta berserta DMTK pun berinisiasi untuk menggunakan dana donasi guna membentuk Dapur Umum di beberapa kawasan. Sampai saat ini sudah ada 4 dapur umum yang berdiri guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat kurang mampu, 4 titik dapur umum tersebut antara lain di Sunter Agung, Rusun Bidaracina, Ancol Barat & Kampung Sumur.

    Kami harapkan dengan bantuan dari donatur Live Stream Fest yang berupa paket sembako dan kegiatan dapur umum dapat meringkankan sedikit beban dan menyejahterakan banyak masyarakat yang terdampak Covid-19. Terima kasih banyak untuk para penonton & donatur Live Stream Fest, semoga Indonesia dapat segera kembali sehat.

    Dmtk & Kobeta Telah Membagikan Paket Sembako Hasil Donasi Dari Para Pengguna Tokopedia

    24 April 2020

    Setelah sebelumnya berhasil menyalurkan 1080 paket sembako kepada beberapa masyarakat terdampak Covid-19 di Jakarta, Tangerang, Bekasi & Depok. Hari Jumat tanggal 24 April 2020, DMTK & Kobeta pun berhasil menyalurkan kembali 150 paket sembako hasil dari urunan donasi Pengguna Tokopedia yang berhasil terkumpul hingga Rp. Rp 89.137.320,-. 150 paket sembako tersebut dibagikan kepada 2 titik penyaluran yaitu 50 pax untuk komunitas pekerja salon, perias, penjahit & pengamen di Depok & 100 pax di Berland, Matraman untuk dibagikan kepada warga Jakarta Timur & Jakarta Pusat yang secara ekonomi terdampak Covid-19.

    Setiap paketnya berisikan beras 2,5 kg, Gula 600 gram, Minyak Goreng 450 ml, Kecap Manis 135 ml, Kentang ½ kg, & Masker Kain 2 pcs setiap paketnya bernilai Rp. 74.000,-. 150 paket ini hanyalah awal (tahap 1) dalam proses penyaluran sembako hasil donasi Pengguna Tokopedia.

    Masih di hari & tanggal yang sama, tim Kobeta & DMTK melanjutkan penyaluran 200 paket ke beberapa titik lainnya yaitu di sekitaran Bekasi, Rusun Bidaracina, Jatinegara, Parung dan banyak wilayah lain. Untuk penerimanya pun beragam dari mulai buruh yang dirumahkan, pedagang kaki lima, penjajak jajanan keliling, buruh cuci, lansia, petugas kebersihan, warga yang sakit serta tidak mampu bekerja, Office Boy, penjahit dan masih banyak lagi.

    Adapun isian paket di sesi ke 2 ini sedikit berbeda dimana isinya adalah beras 2,5 kg, gula 500 gr, minyak goreng 450 ml, kecap manis 275 ml, kentang ½ kg & masker kain 2 pcs. Dimana harga perpaketnya adalah Rp. 76.000,-. Total keseluruhan paket yang berhasil didistribusikan pada 24 April 2020 berjumlah 350 paket sembako.


    25 April 2020

    Setelah sukses pada pembagian sesi pertama di tanggal 24 April 2020, tim DMTK & Kobeta melanjutkan penyaluran tahap ke-2 pada keesokan harinya (25 April 2020). Pada distribusi kali ini paket sembako yang berhasil disalurkan sebanyak 250 paket untuk beberapa titik wilayah seperti area di Jakarta Utara, Pusat & Timur, Ciledug, Cileungsi & Bekasi.

    Untuk isi tiap paket yang disalurkan pada hari ke-2 ini antara lain beras 2,5 kg, gula 0,5 kg, minyak goreng 450 ml, kecap 135 ml, kacang hijau 0,5 kg, kentang 0,5 kg & masker 1 pc. Dimana nilai setiap paketnya seharga Rp. 76.500,-. Adapun pihak yang menerima bantuan paket sembako ini antara lain, supir yang dirumahkan, pengamen, juru parkir, kurir, ojek online, penjaga warung klontong dan lain-lain.

    27 April 2020

    Pada hari Senin tanggal 27 April 2020, penyaluran bantuan paket sembako dari para Pengguna Tokopedia lanjut dilaksanakan oleh DMTK & Kobeta. Di kegiatan penyaluran ke-3 ini ada 200 paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dimana 100 paket sembako dibagikan kepada saudara-saudara difabel (difabel fisik & difabel tuli) yang secara ekonomi terdampak wabah covid-19. Untuk daerahnya sendiri di daerah Jakarta meliputi Pasar Minggu, Duren Sawit, Tanah Abang, Manggarai, Kebon Jeruk, Matraman, Kemayoran, Kebayoran, Jagakarsa & Pasar Rebo. Selain Jakarta beberapa wilayah di Bodetabek juga mendapatkan bantuan paket ini seperti Bojong Gede, Parung, Ciputat, Cileungsi, Tajur & Cimanggis.

    Selain kepada sahabat difabel, 100 paket lainnya juga dibagikan kepada masyarakat disekitaran Tangerang. Adapun pihak yang mendapatkan bantuan ini antara lain pemilik warung yang harus tutup sementara, janda/lansia yang tidak memiliki mata pencaharian, tuna karya, PRT yang di rumahkan & buruh yang terkena PHK.

    Setiap paket sembako yang dibagikan berisi beras 2,5 kg, gula sachet 20 pcs, kecap manis 135 ml, kacang hijau 0,5 kg, kentang 0,5 kg & masker kain 2 pcs. Harga dari setiap paketnya berkisar Rp. 75.500,-.


    800 Paket Sembako Kembali Disalurkan Kepada Masyarakat Yang Membutuhkan Di Sekitaran Jabodetabek

    Setelah penyaluran ke 1 dilakukan pada 12 April silam, forum DMTK & Koperasi Kobeta kembali melakukan penyaluran tahap ke 2 sehari setelahnya yaitu tanggal 13 April 2020. Untuk penyaluran tahap 2 ini lebih banyak paket sembako yang didistribusikan kepada masyarakat membutuhkan khususnya para pekerja informal yang terdampak wabah Covid-19. Total paket sembako yang disalurkan pada tahap 2 ini berjumlah 800 paket.

    Donasi disalurkan dalam bentuk Paket Pangan yang dalam penyediaan barangnya adalah dengan mengupayakan  mengikutsertakan hasil-hasil produksi rakyat seperti petani dan produsen kecil. Di antaranya adalah Beras dari Petani di Indramayu dari jaringan Lumbung Agraria & Kecap Tugu Jawa dari produsen kecil di Malang. Jadi selain membantu masyarakat umum, program ini pun mencoba untuk memberdayakan hasil panen dari para petani lokal.

    Untuk ke 800 paket ini setiap paketnya bernilai Rp. 85.000, yang berisikan 2,5 kg beras, 1 kg gula pasir, 900ml minyak goreng, kecap 135 ml, umbi-umbian (kentang/ubi) 1 paket dan 2 pcs masker. Adapun penerima paket ini antara lain komunitas tuna netra di sekitaran Cinere (50 paket), para lansia di Kemayoran (8 paket), para pekerja yang terdampak di daerah Sunter (200 paket), kampung sawah (50 paket, Bidaracina-Jatinegara (140 paket), Sanggar Anak Akar (215 paket), Wilayah Kemiri-Tangerang (100 paket) dan komunitas difabel & lansia di area Rawamangun (30 paket).

    Koperasi KOBETA dan Forum DMTK mengkoordinir pendistribusian Paket Pangan dengan menggandeng jaringan  organisasi dan komunitas yang sudah  terpercaya di masyarakat untuk mengidentifikasi calon penerima paket dan menjadikannya data by name by address yang akurat dan tepat sasaran yaitu yang sungguh-sungguh membutuhkan. Masing-masing jaringan penyedia data juga sebagai pihak yang mengkoordinir pendistribusian langsung ke penerima paket. Setelah terlaksana dibuat pelaporan pelaksanaan sesuai standard yang terpercaya.

    Aksi kebaikan ini tidak hanya berhenti disini, forum DMTK & Koperasi Kobeta akan terus menyalurkan bantuan berupa sembako dari hasil donasi TemanBaik & Partner untuk mereka yang membutuhkan uluran tangan.

    Pencairan Dana 84.680.454

    Ke rekening ****001110560 a/n Koperasi Benih Kita Indonesia


    Pencairan tahap III untuk penyaluran donasi sembako ke masyarakat yang membutuhkan

    Pencairan Dana 48.001.418

    Ke rekening ****001110560 a/n Koperasi Benih Kita Indonesia


    Pencairan tahap 2 untuk penyaluran sembako sesi 2 kepada masyarakat prasejahtera di sekitar Jabodetabek yang datanya sudah dimiliki Kobeta (by name by address)

    Paket Sembako Untuk Masyarakat Terdampak Corona

    Kobeta dan forum DMTK mulai mendistribusikan bantuan bagi masyarakat kurang mampu terdampak corona. Pada Minggu malam, 12 April 2020, bantuan berupa paket sembako sudah diberikan kepada para tuna netra. Adapun isi dari setiap paket sembako antara lain beras, minyak goreng, gula, kentang dan kebutuhan pokok lainnya.

    Sudah 50 paket sembako yang berhasil Kobeta & forum DMKT salurkan kepada para tuna netra, harapannya paket sembako ini bisa membantu untuk meringankan beban para tuna netra di tengah pandemi Covid-19.

    Paket sembako juga akan dibagikan kepada para pedagang asongan dan komunitas musik jalanan di Jakarta Utara serta, para lansia di Kemayoran. Kegiatan di Kemayoran ini dibantu juga oleh komunitas Gusdurian Peduli dimana sudah ada 53 paket yang dibagikan kepada pedagang asonan (45 paket) & lansian (8 paket) dari total 208 paket yang akan disalurkan.

    Distribus sembako ini akan dilanjutkan hari ini, Senin, 13 April 2020 & akan terus diupdate kepada TemanBaik serta para donatur.

    Ayo terus dukung gerakan peduli masyarakat yang membutuhkan ini. #TanamKebaikan #TanamKepedulian




    Pencairan Dana 50.750.166

    Ke rekening ****001110560 a/n Koperasi Benih Kita Indonesia


    Dana Donasi akan digunakan untuk pemberian paket sembako yang di dalamnya berisi beras 2,5 kg, minyak goreng 900ml, & gula pasir 1 kg bagi buruh serta pekerja informal yang terkena dampak wabah Corona

 

BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kominfo BenihBaik.com
Kemensos BenihBaik.com