Campaign cover image

Bersama IPI Bantu Pemulung Yang Kelaparan Berhari-hari

“Saya belum makan berhari-hari Pak, anak-anak saya juga”

Cerita ini pernah viral di Twitter dan Instagram. Tentang Ibu-ibu pemulung yang terpaksa bekerja di tengah pandemi Korona, karena harus mencari sesuap nasi untuk anak-anak dan keluarganya. Miris saat mengetahui dia belum pulang ke tempat tinggalnya karena belum bisa membeli lauk dan nasi. Padahal dia telah berjalan kaki selama dua hari. Lebih miris lagi mendengar dia terisak menahan tangis sambil ucapkan terima kasih. Terharu karena masih ada yang baik hati di tengah pandemi.

TemanBaik, kasus seperti ini bukan terjadi satu dua kali saja. Dari kolong-kolong jembatan dan jalan layang di Grogol, di pinggir rel kereta api Bogor-Jakarta Kota, sampai tempat pembuangan sampah di Bantargebang, banyak pemulung yang kesulitan hidupnya. Dampak dari himbauan WFH dan kebijakan PSBB sangat terasa. Dilematis memang, kalau tidak keluar rumah, berarti keluarga tidak makan. Kalau memaksa keluar rumah, selain terancam Korona, belum tentu ada sampah yang tersedia. Di jalan-jalan orang sudah jarang. Tempat makan dan perkantoran tidak semuanya buka. 

Kami dari Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) ingin mengajak TemanBaik untuk berbagi rezeki kepada mereka. Mengubah tangis karena kelaparan, jadi tangis haru karena ada yang mau membantu. Kami telah membagikan ratusan paket sembako berisi beras, minyak goreng, gula, mie instant dan masker kepada pemulung anggota IPI di Jabodetabek. Tapi upaya ini masih belum cukup, ada puluhan ribu pemulung yang belum mendapatkan bantuan

Harapannya, donasi terkumpul di campaign ini bisa mencapai Rp 50 juta. Uang segini bisa dibelikan 500 paket sembako senilai Rp 100.000 per paketnya. Apabila terkumpul lebih dari target, kami berencana untuk memberikan APD. Agar mereka dapat bekerja dengan selamat dan aman di era New Normal ini. (SID)

1.    SHARE campaign ini. Karena setiap SHARE sangat berharga bagi Mbak Putri dan anaknya 

2.    Klik “DONASI SEKARANG”

3.    Isi Nominalnya.

4.    Pilih Metodenya. DONASI lewat OVO, DANA, LinkAja, BCA KlikPay, KlikBCA, Sakuku dll. Bisa juga lewat Transfer Bank (BCA, Mandiri, BRI, BNI). Atau lewat Kartu Kredit


 

BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kominfo BenihBaik.com
Kemensos BenihBaik.com