Campaign cover image

Bersama Jadilaku(dot)com Berbagi Paket Sembako Untuk Pedagang Barang Bekas

“Udah banyak yang datang Pak, katanya mau ngasih bantuan. Minta fotokopi KTP, minta nomor telepon, malah ada yang minta uang Rp 5.000 per orang. Biar diprioritaskan katanya. Ya biasalah nol besar, tidak ada tindak lanjutnya sampai sekarang”

Ini cerita Pak Yusril, salah seorang Pedagang Informal di sentra Pasar Loak Kebayoran Lama. Kalau TemanBaik pernah datang kesini sebelum pandemi, akan melihat pemandangan penuh sesak orang-orang, para pemburu barang bekas. Namun sejak pandemi datang, tak terlihat lagi penuh sesak. Memang masih ada ramai, tapi ramai pedagang yang bertahan sampai tengah malam, menanti pembeli yang tak kunjung datang.

TemanBaik, demikian kondisi kawan-kawan pedagang di sentra pasar barang antik, bekas pakai, loak dan jadul. Mereka ini termasuk pekerja informal, karena hanya mengandalkan pendapatan dari transaksi jual beli per hari.

Saya pribadi miris mendengar cerita-cerita mereka. Padahal dalam hemat saya, mereka ini pahlawan lingkungan hidup. Mereka membantu mengurai rantai daur ulang segala macam barang. Mulai dari membeli barang bekas, dirapihkan kemudian dijual lagi untuk sekedar menutupi biaya hidup anak dan pasangan di rumah. Tidak sedikit pembeli yang bahagia karena ternyata barang-barang bekas yang telah dirapikan mereka memiliki kualitas dan nilai tinggi. Cukup banyak perabotan antic yang ada di restoran-restoran dan hotel bintang lima berasal dari tangan dingin mereka. 

Saya Adriansyah selaku founder wirausaha sosial Jadilaku(dot)com ingin mengajak semua TemanBaik untuk membantu komunitas pedagang barang antik/ bekas yang omsetnya hancur karena pandemic COVID-19. Terdapat lima titik utama sentra pasar yang menjadi sasaran penyaluran bantuan ini, yaitu: Pasar Kebayoran Lama, Pasar Barang Bekas Tanah Abang Bukit, Pasar Barang Bekas Poncol Senen, Pasar Barang Bekas Jatinegara Jenderal Urip dan Pasar Barang Bekas Jembatan Hitam Kampung Melayu. Di setiap titik, saya targetkan ada 100 orang yang dibantu. 

Harapannya bisa terkumpul donasi sebesar 50 juta rupiah, untuk dibelikan paket sembako senilai Rp 100.000 per paket. Apabila ada TemanBaik yang ingin mengirimkan paket sembako atau alat bantu kesehatan, teman-teman komunitas akan menerima dan sangat berterima kasih. (SID)


 

BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kominfo BenihBaik.com
Kemensos BenihBaik.com