Campaign cover image

New Normal, Jangan Berhenti Berbagi

Saat ini kita akan memasuki masa new normal atau pola hidup baru di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi. Memasuki masa new normal kita mesti mempersiapkan diri dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti yang dianjurkan pemerintah.


Live Stream Fest (LSF) Vol. 4 didukung oleh BRIMo dan Bank BRI hadir dengan rangkaian acara menarik yang memberikan wawasan, pengetahuan, dan pengalaman baru dalam menghadapi masa new normal. Sederet artis, musisi, komedian, dan tokoh publik turut memeriahkan LSF Vol. 4 dalam Live Talks, Live Music, dan Live Comedy.


Selain memberikan hiburan dan wawasan, melalui LSF Vol. 4 kita juga bisa berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Caranya dengan berdonasi melalui BenihBaik.com atau scan barcode di layar selama LSF Vol. 4 berlangsung. 


Banyak lapisan masyarakat terdampak pandemi Covid-19 yang masih membutuhkan uluran tangan kita. Donasi yang terkumpul dari LSF Vol 4 ini akan digunakan untuk membantu pekerja seni, pekerja informal atau usaha mikro, panti asuhan, panti jompo, rumah yatim piatu, membantu pengobatan anak-anak keluarga tidak mampu, serta membantu keluarga prasejahtera, guru honorer, dan pengajar pesantren.



Ayo TemanBaik, jangan berhenti berbagi dan persiapkan diri untuk masa new normal ini. Setiap kebaikan yang TemanBaik bagikan memberi harapan baru bagi sesama yang memerlukan pertolongan. Tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan.


#LiveStreamFest

#Tebarkebaikan

#MulaiLagi

#CovidSafeBUMN

#LoginKeseruanmu

#BRIBerbagiKebaikan





    Ucapan Resmi Dan Laporan Lengkap Penyaluran 430 Paket Sembako Oleh Muslimat Nu

    TemanBaik untuk menjaga transparansi dan memastikan bantuan tepat pada sasaran, berikut terlampir laporan pertanggung jawaban resmi dari pihak PP Muslimat NU. Di dalamnya juga terlampir list penerima manfaat by name by address. Berikut lampiran dalam google drive :

    Laporan Muslimat NU - Live Stream Fest


    Salam,

    BenihBaik.com

    Pp Muslimat Nu Membagikan 430 Paket Sembako Kepada Masyarakat Terdampak Covid-19

    Selain Koperasi Kobeta & Forum DMTK, Live Stream Fest juga mempercayakan penyaluran paket sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19 kepada mitra penyalur PP Muslimat NU. Dengan dana donasi yang didapat Muslimat NU berhasil menyiapkan 430 paket sembako yang berisikan antara lain beras 5 kg, gula 2 kg, minyak goreng 2 liter, terigu 1 kg, 1 masker kain dari Muslimat NU & 1 masker kain donasi dari Masker Untuk Indonesia.

    Kegiatan penyaluran mulai dilakukan sejak 12 Mei 2020 di sekitaran wilayah Jabodetabek yaitu Jakarta Timur (Kramat Jati, Pulo Gadung, Matraman, Cawang, Cililitan, Cipayung, Cakung), Jakarta Barat (Penjaringan, Tambora, Cengkareng, Grorol, Kebon Jeruk, Duri Kosambi, Kaliangke, Kembangan, Pekojan), Jakarta Selatan (Mampang Prapatan, Tebet, Tegal Parang), Jakarta Pusat (Senen), Jakarta Utara (Cilincing), Bekasi & Banten. Adapun para penerima manfaatnya antara lain kaum dhuafa, lansia, para pekerja informal yang terdampak (pengemudi angkutan umum, guru, petugas kebersihan, tukang urut, tukang sol sepatu, pengasuh/art), pekerja yang di PHK/putus kontrak dan pedagang yang sangat merasakan dampak wabah Covid-19.

    Dalam pelaksanaan penyaluran PP Muslimat NU lebih memilih untuk membagikannya dengan langsung mendatangi lokasi masyarakat yang membutuhkan atau bisa dibilang dengan cara blusukan. Karena untuk menghindari keramaian dan memastikan bantuan tepat pada sasaran. Selain itu tim Muslimat NU juga tetap berusaha mematuhi aturan dan protokol keamanan seperti physical distancing serta memakai peralatan perlindungan diri dasar (masker & sarung tangan). Semoga bantuan ini dapat meringankan beban yang dipikul masyarakat terutama mereka yang pendapatannya terdampak pandemi ini.

    “Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Benih Baik.com dan PT. Sinar Sosro, yang telah memberikan kepercayaan pendistribusian bantuan sembako sebanyak 430 paket pada Pimpinan Pusat Muslimat NU. Tak lupa kami sampaikan pula ucapan terima kasih kepada Pengurus Pimpinan Pusat Muslimat NU yang telah berkontribusi pada penyelenggaraan kegiatan ini. Atas nama pelaksana kegiatan ini, kami mohon maaf, apabila masih terdapat kekurangan-kekurangan.” Ucapan terima kasih dari Dra. Hj. Arifah Choiri Fauzi selaku Ketua Pelaksana PP Muslimat NU.

    500 Paket Sembako Disalurkan & 4 Dapur Umum Dibangun Oleh Koperasi Kobeta Serta Forum Dmtk

    Salah satu mitra yang dipercaya untuk menyalurkan bantuan sembako dari Live Stream Fest adalah Koperasi Kobeta dan Forum DMTK (Desa Mandiri Tanpa Korupsi). Kobeta & DMTK sudah mulai melaksanakan proses distribusi sejak 19 Mei 2020 lalu, dari donasi yang mereka terima kedua mitra ini mengubahnya jadi 500 paket sembako yang disalurkan kepada masyarakat kurang mampu yang secara langsung ekonominya terdampak wabah Covid-19.

    Ada yang unik dari paket sembako olahan Kobeta & DMTK ini, karena selain paket ini ditujukan sebagai bantuan kepada masyarakat namun isi paket ini pun merupakan hasil dari kerja keras para petani lokal. Antara lain seperti minyak goreng "Jujur" & Kecap "TuguJawa" merek lokal dari produsen UMKM setempat, jadi selain membantu dari segi pengadaan sandang pokok namun juga membantu dari segi pendapatan petani lokal yang banyak merugi di masa pandemi seperti saat ini. Selain itu untuk kemasan paket sembakonya mereka pun menggunakan tas puring yang dapat dipakai berulang kali, Kobeta & DMTK berusaha untuk meminimalisir penggunaan plastik agar tidak menimbulkan masalah baru pada lingkungan.

    Nilai dari 1 paket sembako berkisar Rp. 77.000,- yang berisikan beras 2,5 kg, gula 0,5 kg, minyak goreng 450 ml, kecap 135 ml, kentang 0,5 kg & masker kain 2 pcs. 500 paket sembako ini disebar ke 8 titik di sekitara Jakarta & Bogor antara lain kampung belakang lampu merah Halim (100 paket), kampung lapak pemulung di daerah Cakung (100 paket), Desa Putatnutug & Karihkil (Parung - 100 paket), kampung Nelayan Muara Angke (50 paket), kampung Nelayan Ancol Barat (50 paket) dan beberapa kawasan marjinal disekitar Bukit Duri, Kp Melayu, Teluk Gong.

    Untuk distribusi di kawasan Parung, Bogor paket sembako ditujukan kepada para lansia, janda tanpa penghasilan, pekerja lepas & beberapa buruh yang terkena PHK.

    Distribusi yang dilakukan oleh Kobeta & DMTK selalu dengan sistem one on one, dimana paket sembako ini disalurkan langsung ke lokasi sang penerima manfaat, tentunya dengan protokol keamanan dan kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Seperti yang dilakukan di area kampung yang berada dibelakang lampu merah Halim, Jakarta Timur, kawasan ini meski berada di tengah kota Jakarta namun beberapa dari warganya merupakan buruh dan pekerja lepasan. Di masa pandemi ini, mereka merasakan sekali dampak dari pembatasan sosial yang harus dilakukan, pendapatan mereka pun jadi terhambat bahkan ada yang putus kerja. Sedikit fakta di daerah ini jika hujan lebat dan terjadi banjir, makan pemukiman tersebut bisa tenggelam hingga mencapai dasar lantai 2 maka dari itu kami cukup prihatin untuk senantiasa memberikan uluran tangan kepada masyarakat di wilayah ini agar dapat bertahan di tengah wabah Covid-19.

    Selain 500 paket sembako, Kobeta berserta DMTK pun berinisiasi untuk menggunakan dana donasi guna membentuk Dapur Umum di beberapa kawasan. Sampai saat ini sudah ada 4 dapur umum yang berdiri guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat kurang mampu, 4 titik dapur umum tersebut antara lain di Sunter Agung, Rusun Bidaracina, Ancol Barat & Kampung Sumur.

    Kami harapkan dengan bantuan dari donatur Live Stream Fest yang berupa paket sembako dan kegiatan dapur umum dapat meringkankan sedikit beban dan menyejahterakan banyak masyarakat yang terdampak Covid-19. Terima kasih banyak untuk para penonton & donatur Live Stream Fest, semoga Indonesia dapat segera kembali sehat.

    Pembagian Distribusi Dana Donasi Dari Para Donatur Live Stream Fest

    Pagelaran Live Stream Festival yang sudah dilakukan selama 3 periode ini sudah berhasil mengumpulkan donasi dari para donaturnya hingga mencapai lebih dari Rp. 500 juta. Selain donasi dari para donatur/viewers yang menonton pagelaran virtual tersebut adapula beberapa brand yang menyumbangkan dalam nominal fantastis untuk membantu sesamanya antara lain Medco Foundation, Sosro & OCBC NISP. Semua dana yang terkumpul ini pun didistribusikan dalam 3 bentuk kategori yaitu bantuan paket sembako, bantuan untuk para pekerja seni & bantuan APD untuk beberapa Rumah Sakit.


    Untuk bantuan berupa sembako, BenihBaik.com menggandeng 4 mitra penyalur strategis yang sudah sangat kredibel serta terfokus pada bidang sosial yaitu Muslimat NU, Jaringan Gusdurian Peduli, PP Muhammadiyah dan Koperasi Kobeta yang bekerjasama dengan Forum DMTK.


    Sedangkan pada bantuan bagi para seniman, kami bekerjasama dengan beberapa influencer serta lembaga yang sebelumnya memiliki campaign di BenihBaik.com yang fokus pada kesejahteraan pekerja seni. Mereka antara lain adalah Barry Likumahuwa (musisi), Asmara Abigail (Aktris), Alit "Jabang Bayi" (MC) & Lembaga ASENSI. Bantuan yang diberikan pun cukup variatif dari mulai santunan tunai hingga sembako.


    Terakhir bantuan APD senilai Rp. 100 juta, BenihBaik.com bekerjasama dengan mitra penyalur HelptoHelp akan mendistribusikan sejumlah paket APD ke beberapa Rumah Sakit rujukan atau non rujukan yang merawat pasien Covid-19. HelptoHelp sendiri telah memiliki data valid mengenai rumah sakit yang masih membutuhkan bantuan APD (data ini didapat dari form bantuan di situs HelptoHelp.id yang diisi langsung oleh perwakilan rumah sakit terkait).


    Pencairan Dana 37.794.728

    Ke rekening ****9168 a/n Perkumpulan Lisensi Indonesia


    Pencairan tahap 9 dana donasi Live Stream Fest untuk penyaluran bantuan kepada para pekerja pemusik cafe, resto & hotel yang terkena dampak Covid-19 melalui forum ASENSI

    Pencairan Dana 37.794.728

    Ke rekening ****1138 a/n Alit Jevi Prabangkoro


    Pencairan tahap ke 8 untuk penyaluran donasi bagi para pekerja seni yang terdampak wabah Covid-19 dari Live Stream Fest melalui Alit "Jabang Bayi"

    Pencairan Dana 37.794.728

    Ke rekening ****6731 a/n Elseos Jebrani E


    Pencairan tahap 7 dana donasi Live Stream Fest untuk santunan/bantuan para kru musik yang mata pencahariannya terdampak Covid-19

    Pencairan Dana 37.794.728

    Ke rekening ****9269 a/n Asmara Abigail Sumiskum


    Pencairan tahap 6 donasi Live Stream Fest untuk bantuan kepada para pekerja seni yang secara ekonomi terdampak Covid-19 melalui Asmara Abigail (Aktris & Model)

    Pencairan Dana 100.000.000

    Ke rekening ****6120 a/n Gabriella Florencia


    Pencairan tahap 5 donasi Live Stream Fest untuk pengadaan & penyaluran APD oleh mitra HelptoHelp ke beberapa rumah sakit di luar Jakarta

    Pencairan Dana 69.000.000

    Ke rekening ****3999 a/n Yay Jaringan Gusdurian Peduli


    Pencairan tahap 4 untuk pengadaan dan penyaluran sembako ke masyarakat dari Live Stream Fest melalui Jaringan Gusdurian Peduli

    Pencairan Dana 69.000.000

    Ke rekening ****000370568 a/n PP Muslimat Nahdlatul Ulama


    Pencairan tahap 3 untuk pengadaan dan penyaluan sembako ke masyarakat dari Live Stream Fest melalui Muslimat NU

    Pencairan Dana 69.000.000

    Ke rekening ****001110560 a/n Koperasi Benih Kita Indonesia


    Pencairan tahap 2 untuk pengadaan dan penyaluran sembako dari Live Stream Fest kepada masyarakat oleh Forum DMTK & Koperasi Kobeta

    Pencairan Dana 69.000.000

    Ke rekening ****3594 a/n Muhammadiyah


    Pencairan tahap 1 untuk penyaluran sembako kepada masyarakat yang secara ekonomi terdampak Covid-19 melalui PP Muhammadiyah

    Donasi Akan Diserahkan Kepada Masyarakat Yang Terdampak Corona

    Pedagang Angklung

    Donasi Akan Diserahkan Kepada Masyarakat Yang Terdampak Corona

    Penjual Es Potong

    Lewat Indofood, Axton Salim Turut Berbagi Untuk Masyarakat Terdampak Corona

    Pagelaran virtual besutan Samara Live (IdeaFest) & MRA Group yang bertajuk "Live Stream Fest" berhasil digelar dengan dukungan berbagai pihak, seperti musisi, komedian, presenter dan lain-lainl pada 4-5 April 2020 dari mulai pukul 08:00 - 24:00. Selamat untuk menghibur masyarakat yang sebagian besar sudah beraktifitas dirumah, event streaming ini juga disisipi oleh kegiatan amal yang ditujukan bagi masyarakat yang terdampak Corona. 

    Tercatat hingga hari ini, 11 April 2020 sudah ada donasi sebesar Rp. 340.413.414,- yang sudah terkumpul. Dan bantuan ini akan diserahkan kepada masyarakat terdampak corona yang membutuhkan bantuan, khususnya para pekerja harian, anak-anak panti asuhan, yatim piatu, lansia dan lainnya.

    Axton Salim, Direktur termuda PT. Indofood juga tidak mau kalah aksi, selain menjadi salah satu pembicara di "Live Stream Fest" ia pun mendonasikan kebutuhan pangan berupa 600 karton mie instant untuk para drivel ojek online. Sabtu, 11 April 2020, sembako ini berhasil dihantarkan ke Grab Lounge di Jakarta untuk nantinya dibagikan kepada para drivel ojol.

    Ayo kita terus #TanamKebaikan dan #TanamKepedulian bagi sesama, khususnya mereka yang membutuhkan uluran tangan.

 

BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kominfo BenihBaik.com
Kemensos BenihBaik.com