Campaign cover image

Masker Dan Hand Sanitizer Untuk Ntt

Kecintaan saya pada Indonesia termasuk Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak berkesudahan. Sayangnya, letak mereka yang jauh dari pusat kota, membuat mereka kurang mendapat perhatian dari banyak pihak.

Dalam konteks penyebaran pandemi Covid-19, saya ingin bantuan juga hadir untuk mereka yang berada di pegunungan Mollo, Timor Tengah Selatan, NTT. Saya menggalang dana untuk pengadaan masker dan hand sanitizer bagi mereka yang tergabung dalam komunitas Lakoat Kujawas. Komunitas ini berencana membagikan sebanyak-banyaknya masker untuk siapa saja termasuk yang harus bersinggungan dengan pasar, pekerja harian, buruh, sopir, dan ojek di pegunungan Mollo.

Komunitas ini tidak tinggal diam. Mereka sedang berproses menjahit dan membagikan masker kain meski kain yang ada sangat terbatas. Selain itu, mereka juga sangat sulit mendapatkan air bersih sehingga perlu dibantu dengan hand sanitizer yang dibuat mereka sendiri dari alkohol. Alkohol itu dihasilkan dari teknik fermentasi-eco enzym memanfaatkan potensi buah dan sayuran meski juga dengan kuantitas yang terbatas.

Mereka juga berhak sehat dan terbebas dari Covid-19. Saya mengajak Teman Baik untuk berdonasi untuk mereka, penjaga keindahan alam Indonesia timur. Mari tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan. (RH)


    Pencairan Dana 10.565.306

    Ke rekening ****6011 a/n Oscar Septianus


    Pencairan Tahap 2 untuk penyaluran masker kain ke pedagang dan pekerja harian di NTT

    1000 Masker Telah Disalurkan Oleh Komunitas @lakoat.kujawas Ke Para Pedagang & Petani Di Ntt

    Hallo Teman Baik,
    Saya Oscar Lawalata. Terima Kasih atas dukungan Anda dalam kampanye Oscar Lawalata Berbagi Masker dan Hand Sanitizer untuk NTT. Pada tahap pertama, kami telah menerima donasi dari Teman Baik dan pada Mei lalu, beberapa relawan dari komunitas @lakoat.kujawas berhasil membagi 500 lebih masker kain di area Pasar Tradisional Kapan di wilayah pegunungan Mollo, Timor Tengah Selatan, NTT.

    Pasar Kapan demikian kami menyebutnya adalah sentra penjualan hasil pertanian yang cukup sibuk sepanjang pekan di Timor Barat, yang mempertemukan ratusan petani dari wilayah pegunungan Mollo dengan berbagai papalele (pedagang dan penyalur) hasil pertanian dari Mollo ke pasar-pasar besar di Kota Kupang.


    Kupang sendiri kini telah menjadi zona merah. Hal ini membuat area pertemuan seperti pasar induk ini menjadi sangat rawan.


    Selain 500 lebih masker kain, dalam jumlah yang sama juga dibagikan mereka yang sangat rentan terhadap penularan Covid-19 yakni perempuan petani/pedagang, keluarga disabilitas, janda dan single parent, anak-anak, buruh, dan sopir. Total masker yang dibagikan 1.000 buah.


    Kami menemukan kendala, 1.000 hand sanitizer tidak bisa didistribusikan bersamaan karena memang tidak bisa cepat sampai ke NTT dan memerlukan waktu perjalanan yang cukup lama. Cairan sebanyak itu tidak bisa diangkut oleh pesawat. Akhirnya saya dan tim menemukan cara pengiriman menggunakan kapal laut dengan konsekuensi membutuhkan waktu tempuh hingga 28 hari.

    Donasi ini masih sangat terbuka bagi siapapun yang ingin berkontribusi. Saya yakin, kebaikan bisa dilakukan oleh siapapun dan kepada siapapun, termasuk saudara-saudara kita di Pegunungan Mollo di NTT.

    Salam,
    Oscar Lawalata

    Pencairan Dana 20.000.000

    Ke rekening ****6011 a/n Oscar Septianus


    Pencairan tahap 1 untuk pembuatan Masker Kain yang akan dibagikan kepada pekerja informal di NTT

 

BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kominfo BenihBaik.com
Kemensos BenihBaik.com