Campaign cover image

Terowongan Sterilisasi Ozon Untuk Terminal Kp Rambutan, Pulo Gebang, Dan Kalideres

Demi orang yang kita sayangi dan menyayangi kita, Keputusan Pemerintah Indonesia tentang pelarangan mudik di tengah pandemi Covid-19. Jumlah pasien positif corona di Indonesia terus bertambah, apalagi di Jakarta.

Virus corona yang mengancam masyarakat ini berimbas terhadap segala lini kehidupan. Banyak usaha dan perusahaan tidak bisa beroperasi seperti biasa. Bahkan gulung tikar. Alhasil, orang yang terkena PHK di Jakarta semakin banyak. 

Bagi para perantau, yang selama ini mengadu nasib di ibukota demi menyambung hidup jelas merasakan kesulitan dengan kondisi semacam ini. Bertahan di tengah ketidakpastian dan kesulitan atau kembali ke kampung halaman? Pilihan ini menjadi dilema tersendiri bagi para perantau. Ditambah sebentar lagi bulan Ramadhan dan Lebaran.

Meski pemerintah memutuskan pelarangan mudik, namun kenyataannya kesulitan ekonomi dan tidak adanya pekerjaan serta pemasukan membuat masyarakat berpikir ulang. Tidak mungkin perantau bertahan di ibukota tanpa pekerjaan, tanpa pendapatan.

Melihat kemungkinan bahwa masyarakat tetap akan mudik, kami tim Karya Putra Bangsa, terdorong untuk membuat terowongan sterilisasi yang menggunakan teknologi Ozon Nano Bubble sebagai disinfektan non kimia karena aman di kulit dan ramah lingkungan. Kami menyebut terowongan ini TS20 atau Terowongan Sterilisasi untuk Orang dan Barang yang terpisah.

Rencananya terowongan sterilisasi ini akan dibuat untuk proteksi di Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulo Gebang, dan Terminal Kalideres. Panjang terowongan 5 meter dengan sensor otomatis. Simulasi terowongan ini berkapasitas hingga 1000 orang/jam. 

Pembuatan terowongan sterilisasi ini menurut kami karena keberangkatan bus dengan tujuan luar daerah atau luar kota hampir bersamaan waktunya. Tidak mungkin kita menggunakan bilik sterilisasi karena bisa terjadi kepadatan antrian. Adanya terowongan ini diharapkan bisa meminimalisisr antrian dan masyarakat tetap menerapkan physical distancing.

Kami juga berharap adanya terowongan sterilisasi ini tak hanya berfungsi mensterilkan tapi juga membuat tenang masyarakat yang terpaksa pulang kampung.

TemanBaik, ayo dukung kami merealisasikan terowongan sterilisasi ini. Dukungan itu bisa dilakukan dengan berdonasi melalui BenihBaik.com. #TanamKebaikan #TanamKepedulian bagi sesama.

 

BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kominfo BenihBaik.com
Kemensos BenihBaik.com