Cerita Kebaikan

Cerita Kebaikan
07 March 2022

Wajah Sebuah Bangsa Bisa Dilihat dari Perilaku Pengguna Jalan

benihbaik_2022-03-08_1646727823_532.jpeg

Ada empat sikap yang harus diterapkan untuk menjadi pengemudi yang baik. Keempat sikap tersebut yaitu kewaspadaan (alertness), kesadaran (awareness), perilaku (attitude), serta antisipasi (anticipation).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada 2021 pernah mengatakan kecelakaan yang terjadi di Indonesia didominasi usia tertentu. Seperti kita tahu tingkat kecelakaan jalan yang terjadi di Indonesia didominasi oleh sepeda motor dan yang paling banyak dialami anak muda usia 15-29 tahun. Untuk itu diperlukan upaya pengendalian diri dari para anak-anak muda dan harus diimbangi dengan keterampilan berkendara dan rasa empati yang tinggi terhadap pengguna jalan yang lain."

Dia memuji perilaku para pengguna jalan di berbagai negara. "Wajah sebuah bangsa juga terlihat dari perilaku para pengguna jalannya. Seperti halnya kita mengenal betapa tertibnya di Eropa, Australia, Korea, Jepang dan negara lainnya, saya pikir kita bisa lakukan itu. Saya berharap negara lain juga mengenal Indonesia sebagai negara yang tertib dan berempati di jalan," ungkapnya.

Empat sikap teratas menurutnya dapat menghindari pengendara dari penyebab kecelakaan yang disebabkan oleh sejumlah faktor antara lain, tidak disiplin, tidak sabar, kurangnya konsentrasi, kurang hati-hati, kelelahan, ngebut, mabuk, dan tidak menghormati pengguna jalan lain.



Ikuti perkembangan terbaru melalui sosial media kami

  • fb.png
  • linkedin.png
  • instagram.png
  • twitter.png

Dana tersebut akan kami salurkan untuk Saudara kita yang butuh segera mendapatkan pertolongan.

Dompet Siaga