PROFIL YAYASAN BENIH BAIK INDONESIA

  1. LATAR BELAKANG

Setelah lebih dari 13 tahun menjalankan kegiatan sosial dikaitkan dengan program televisi Kick Andy dan Big Circle, kami menyadari bahwa banyak sekali masyarakat yang memerlukan bantuan, baik perseorangan maupun lembaga yang bergerak di bisang sosial. Kegiatan yang dilakukan selama ini memang sudah cukup membantu orang banyak, namun perlu diperluas baik jenis kegiatan maupun cakupannya agar bisa menolong lebih banyak orang, untuk itulah dirasa perlu system dan perangkat yang bisa mendukungnya, yang berbentuk yayasan dengan platform digital yaitu Yayasan Banih Baik Indonesia (“YBBI”)

 

Yayasan Benih Baik Indonesia  (“YBBI”) didirikan oleh Andy Flores Noya, Khristiana Anggit Mustikaningrum, dan Firdaus Juli (“Para Pendiri”) sebagai bentuk kepedulian Para Pendiri terhadap beragam isu sosial, kemanusiaan, kebudayaan, keagamaan, dan kesejahteraan sosial lainnya yang mengalami kesulitan memperoleh dukungan pendanaan untuk memenuhi kebutuhan dasar,  pengembangan diri, dan/atau potensi ekonomi atau operasional lainnya yang mungkin belum terakomodir oleh pemerintah baik secara keseluruhan maupun sebagian kebutuhan tersebut dalam waktu yang singkat.

Berawal dari persoalan tersebut, Para Pendiri dengan beragam latar belakang menghadirkan sebuah platform digital yang dapat memfasilitasi kegiatan pengumpulan dana masyarakat secara sukarela (filantropi) agar dapat langsung membantu dengan sesamanya. Selanjutanya, YBBI memperkenalkan brand layanan dan sistem elektronik kepada masyarakat dengan sebutan Benih Baik.

Kegiatan pengumpulan uang dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1961 tentang Pengumpulan Uang atau Barang juncto Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1980 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan junctis Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia  Nomor 56/HUK/1996 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Uang Oleh Masyarakat.

  1. INFORMASI DAN LEGALITAS

1.

Nama Yayasan

:

Yayasan Benih Baik Indonesia

2.

Tanggal Pendirian

:

05-08-2019

3.

Pejabat Umum Notaris

:

Ny. Hastuti Nainggolan, SH.,M.Kn

4.

Nomor Akta Pendirian

:

02

5.

Nomor SK Pendirian

:

SK Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0011166.AH.01.04.Tahun 2019

6.

Nomor NPWP

:

92.541.758.6-416.000

7.

Alamat Kegiatan Operasional

:

Jl. Green Lake City, Rukan Columbus No. 8 Blok B, Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15147

8.

Alamat Email

:

yayasanbenihbaikindonesia@gmail.com

9.

Situs

:

https://benihbaik.com

9.

Telpon

:

021 543 15808

 

 

  1. Susunan Organisasi Yayasan

Adapun susunan organisasi YBBI sebagai penyelenggara pengumpulan uang melalui layanan dan sistem elektronik Benih Baik, sebagai berikut:

1

Pembina

:

  1. Andy Flores Noya (Ketua)
  2. Khristiana Anggit Mustikaningrum (Anggota)

2

Pengurus

:

  1. Firdaus Juli (Ketua)
  2. Maria Gratia Sekar Putri (Sekretaris)
  3. Stephanie (Bendahara)

3

Pengawas

:

Yosef A.B. Badilangoe

 

 

 

 

  1. VISI DAN MISI

VISI

Meningkatkan kesejahteraan dan martabat hidup manusia seiring dengan  program pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan pemerataan kesejahteraan sosial, spritual, dan menciptakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masyarakat Indonesia yang unggul dengan prinsip keberlanjutan dan kemandirian.

MISI

  1. Menyelenggarakan program pengumpulan uang sumbangan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat Indonesia;
  2. Menyelenggarakan program pengumpulan uang sumbangan untuk meningkat kualitas pendidikan bagi masyarakat Indonesia;
  3. Menyelenggarakan program pengumpulan uang sumbangan untuk meningkatkan kualitas dan akses kesehatan masyarakat Indonesia;
  4. Menyelenggarakan program pengumpulan uang sumbangan untuk melestarikan kebudayaan Indonesia;
  5. Menyelenggarakan program pengumpulan uang sumbangan untuk kegiatan spritual;
  6. Menyelenggarakan program pengumpulan uang untuk memberikan sumber pendanaan alternatif untuk memberikan kesempatan membangun, merintis, dan pengembangan UMKM.
  1. MAKSUD & TUJUAN

 

YBBI sebagai penyelenggara pengumpulan uang sumbangan secara elektronik dengan maksud menjadi organisasi yang dapat memfasilitasi calon Donatur untuk memberikan pendanaan alternatif kepada calon Penerima Sumbangan, dan dana yang terkumpul dapat dipertanggungjawabkan secara benar dan transparan, serta tepat sasaran sasaran sesuai keinginan Donatur dan  Visi dan Misi YBBI.

 

BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kominfo BenihBaik.com
Kemensos BenihBaik.com