SYARAT & KETENTUAN

Situs www.benihbaik.com ("situs") dan aplikasi android merupakan layanan sistem elektronik yang dikelola oleh dan atas nama Yayasan Benih Baik Indonesia (“YBBI”) dengan merek dagang “Benihbaik.com” dalam rangka menyelenggarakan program penggalangan dana dan donasi (Charity Crowdfunding).

 

Bahwa kegiatan Benih Baik telah mendapatkan izin Kementerian Sosial Republik Indonesia sesuai Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor: 1001/HUK-PS/2019 dan terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dengan Nomor: 01769/DJAI.PSE/09/2019 di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

 

Dengan mengunjungi, mengakses, dan memanfaatkan  situs ini, Pengguna dan/ Pengunjung secara sadar telah membaca, memahami, dan menyetujui untuk tunduk oleh Syarat dan Ketentuan (“Ketentuan”) yang ditetapkan, oleh karenanya Anda sangat dianjurkan untuk membaca dengan seksama segala ketentuan di bawah ini.

 

Ketentuan ini disusun dengan sistematika yang meliputi (i) Ketentuan Umum; (ii) Ketentuan Galang Dana; (iii) Ketentuan Donasi; (iv) Ketentuan Lain-lain; dan (v) Penutup.

 

 

KETENTUAN UMUM

 

  1. DEFINISI

 

    1. Penggalangan Dana (Crowdfunding) adalah suatu usaha pengumpulan kontribusi sukarela dalam bentuk uang dengan menggalang sumbangan dari berbagai Pihak untuk mendukung kegiatan sosial, kemanusiaan, kebudayaan, kesehatan, pendidikan, keagamaan, dan kegiatan lainnya.

 

    1. Donasi adalah sumbangan yang dinyatakan dalam mata uang Rupiah.

 

    1. Akun adalah channel yang digunakan Pengguna untuk mengakses paltform benihbaik.com dengan menyertakan informasi berupa Username, email/No Seluler, dan kata sandi (password).

 

    1. Konten adalah semua jenis isi, kandungan, muatan informasi yang tersedia dan/atau diunggah ke dalam Platform benikbaik.com.

 

    1. Campaign adalah serangkaian tindakan dan usaha yang terencana dilakukan oleh berbagai Pihak untuk mendapatkan dukungan dari sejumlah besar khalayak atas rencana penggalangan dana yang dilakukan secara berkelanjutan dalam kurun waktu tertentu.

 

    1. Pihak berarti individu dan/atau yayasan dan/atau badan hukum lainnya

 

    1. Pengguna adalah Pihak yang memanfaatkan layanan dan sistem elektronik benihbaik.com yang terdiri dari, yaitu Inisiator Progam, Penerima Manfaat, dan Donatur, serta pihak lain yang sekadar

berkunjung ke platform benihbaik.com yang selanjutnya disebut Pengunjung.

 

    1. Inisiator Program (“IP”) adalah Pihak yang berperan sebagai pemilik program penggalangan dana, diantaranya:

 

      1. Mitra yaitu Yayasan atau Individu yang bekerjasama dengan benihbaik.com;
      2. Non Mitra yaitu yayasan atau Individu yang melakukan program penggalangan dana tanpa melalui kerjasama.

 

    1. Penerima Manfaat adalah Pihak yang menerima donasi yang diperoleh dari program penggalangan dana benihbaik.com.

 

    1. Donatur adalah Pihak yang memberikan donasi secara sukarela kepada calon BenihBaik yang dikampanyekan melalui program penggalangan dana.

 

    1. Benihbaik.com adalah penyedia platform aplikasi dan situs internet yang digunakan untuk memfasilitasi dan menyelenggarakan program penggalangan dana melalui sistem elektronik yang disediakan oleh Yayasan Benih Baik Indonesia bekerjasama dengan PT. Teman Baik Sejahtera.

 

    1. Pengunjung adalah pihak yang mengakses, membuka, dan memperoleh informasi program penggalangan dana melalui platform benihbaik.com.

 

    1. Mitra Bank adalah Bank yang bekerjasama dengan YBBI sebagai tempat penyimpanan dan penyaluran dana sumbangan dari berbagai Pihak.

 

    1. Mitra Perusahaan Pembayaran adalah perusahaan non bank yang memiliki layanan dompet digital yang berkerjasama dengan YBBI, selanjutnya layanan dompet digital tersebut digunakan sebagai alternatif instrumen pembayaran donasi.

 

    1. Larangan adalah segala hal yang bertentangan dengan ketertiban umum, kesusilaan, dan peraturan perundang-undangan.

 

B.       PRINSIP PROGRAM PENGGALANGAN DANA DAN DONASI

 

Guna menjaga kepercayaan masyarakat, benihbaik.com sebagai penyedia paltform menerapkan prinsip fundamental yang dijadikan sebuah pedoman untuk menyelenggarakan program penggalangan dana, yaitu:

 

  • Transparansi berarti menjunjung tinggi keterbukaan informasi yang meliputi kemudahan akses informasi yang disediakan benihbaik.com dengan memperhatikan prinsip perlindungan data pengguna.

 

  • Akuntabilitas berarti pertanggungjawaban secara terbuka semua program dan kegiatan penggalangan dana yang dilakukan melalui platform benihbaik.com, kemudian yang diwujudkan dalam bentuk         laporan         disertai          bukti-bukti pertanggungjawaban.

 

  • Partisipasi berarti setiap Pihak berhak melibatkan diri dalam program penggalangan dana donasi yang diselenggarakan melalui platform benihbaik.com, termasuk memberikan saran dan kritikan, serta pengaduan.

 

  • Keberlanjutan berarti manfaat yang diperoleh dari program penggalangan dana diharapkan dapat kembali berdaya (penyintas) dalam menjaga keberlangsungan kehidupan sosial, budaya, dan spritualnya secara layak.

 

C.       JENIS PROGRAM PENGGALANGAN DANA DAN DONASI

 

  • Program Kesejateraan Sosial;
  • Program Kemanusiaan;
  • Program Pendidikan;
  • Program Kesehatan;
  • Program Keagamaan;
  • Program Kebudayaan;
  • Program Pemberdayaan Potensi Perempuan;
  • Program Kesejahteraan Anak-Anak;
  • Program Flaura, Fauna, dan Kesejahteraan Hewan;
  • Program Usaha yang mendukung UMKM; dan
  • Program Bidang Kesejahteraan Sosial lainnya sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

 

D.       PLATFORM BENIHBAIK.COM

 

Bahwa penyelenggaraan program penggalangan dana yang difasilitasi oleh Yayasan Benih Baik Indonesia dapat digunakan melalui dua layanan sistem elektronik, yaitu (i) Aplikasi Mobile berbasis Android yang dapat didownload melalui playstore; dan (ii) Situs www.benihbaik.com.

 

E.        KEDUDUKAN DAN PERAN BENIHBAIK.COM

 

Mengingat Undang Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1961 tentang Pengumpulan Uang jo. Peraturan Pemerintah Nomor 29 tahun 1980 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan jo. Keputusan Menteri Sosial No 56 Tahun 1996 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan Oleh masyarakat, bahwa penggalangan dana masyarakat hanya boleh dilakukan oleh organisasi atau yayasan yang telah memperoleh izin Kementerian Sosial Republik Indonesia, dan tidak diperkenankan atas nama perseorangan. Oleh karenanya, benihbaik.com berkedudukan sebagai berikut:

 

  • Sebagai penyedia sistem elektronik yang mempertemukan antara Donatur dengan Penerima manfaat melalui program penggalangan dana yang dilakukan oleh Inisiator Program;

 

  • Menampung dan menyalurkan dana donasi yang berhasil terkumpul dari Donatur yang dana tersebut ditampung di rekening atas nama Yayasan Benih Baik Indonesia.

KETENTUAN GALANG DANA

  1. REGISTRASI AKUN

 

Bahwa Pihak yang bertindak sebagai inisiator program penggalangan dana melalui platform benihbaik.com berkewajiban mengikuti mekanisme dan ketentuan sebagai berikut:

 

    1. Yayasan sebagai inisiator program penggalangan dana melalui Perjanjian Kerjasama dengan benihbaik.com, pendaftaran akun dibuat oleh dan atas nama benihbaik.com.

 

    1. Individu sebagai inisiator program penggalangan dana wajib membuat pendaftaran akun dengan menginput hal-hal sebagai berikut:

 

      1. Nama Lengkap;
      2. Nomor Whastapp atau Email;
      3. Kode One Time Password (“OTP”)

 

B.        PERSYARATAN

 

Guna menjamin pelaksanaan program penggalangan dana sesuai fakta, keabsahan, dan kebenaran  yang dapat dipertanggungjawabkan, maka insiator program penggalangan dana wajib menyampaikan data-data dan/atau dokumen secara elektronik. Dokumen tersebut digunakan benihbaik.com untuk melakukan verifikasi dan validasi akun inisiator program penggalangan dana saat melakukan pencairan, sebagai berikut:

 

    1. Yayasan sebagai insiator program penggalangan dana dengan skema Perjanjian Kerjasama

 

      1. KTP/SIM/PASPOR Penanggung Jawab;
      2. NPWP Yayasan;
      3. Akte Notaris + SK Kemenkumham
      4. Tanda Daftar Yayasan;
      5. Surat Keterangan Domisili Yayasan;
      6. Foto Diri Penanggung Jawab + NPWP Yayasan;
      7. Nomor Whatsapp atau Email Penanggung jawab;
      8. No Rekening atas nama Yayasan atau Penerima Manfaat.

 

Khusus Verifikasi dan Validasi Program Penggalangan Dana Kesehatan (Medis), melampirkan;

 

      1. Resume Medis Pasien;
      2. Kartu Keluarga Pasien.

 

Dokumen tersebut dikirim melalui via email yayasanbenihbaikindonesia@gmail.com

 

    1. Individu sebagai inisiator program penggalangan dana:

 

Adalah mereka telah dinyatakan cakap hukum terutama memenuhi batas usia dewasa yang diperbolehkan sebagaimana ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu berusia 18 Tahun. Apabila dibawah batas usia dewasa wajib diwakilkan orang tua/wali. Dokumen

yang wajib disampaikan dan diunggah benihbaik.com, sebagai berikut:

 

    1. Karta Tanda Penduduk (KTP) + Foto Diri (Selfie);
    2. Nomor handphone;
    3. Nomor Rekening.

 

Khusus Verifikasi dan Validasi Program Penggalangan Dana Kesehatan (Medis), melampirkan;

 

    1. Resume Medis Pasien;
    2. Kartu Keluarga Pasien.

 

C.        KEWAJIBAN

 

  • Menjaga kerahasiaan sandi serta keamanan akun;

 

  • Menyertakan data dan/atau informasi calon penerima manfaat secara detail, lengkap, benar, dan akurat.

 

  • Menjamin fakta dan kebenaran yang dapat dipertangungjawabkan atas semua data dan/atau konten baik tulisan, foto, dan video yang diinput dan dikampayekan melalui platform benihbaik.com;

 

  • Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap menyelesaikan program penggalangan dana yang telah berhasil dikumpulkan dan menjamin pengelolaan dana hingga tahap implementasi program kepada penerima manfaat;

 

  • Memberikan laporan atas perkembangan dan pelaksanaan program penggalangan dana yang transparan dan kredibel, serta dilengkapi dengan dokumentasi dan bukti pendukung yang layak kepada Donatur dan BenihBaik.com melalui Platform benihbaik secara terbuka.

 

  • Apabila ada perjanjian kerjasama khusus antara Inisiator program dengan benihbaik.com, maka Inisiator program wajib menjalankan kewajibannya sebagaimana yang telah tertera pada perjanjian kerjasama tersebut.

 

D.        LARANGAN

 

  • IP dilarang mencantumkan nomor rekening pribadi atau lainnya dalam halaman utama kampanye dengan alasan apapun.

 

  • IP dilarang membuat konten kampanye yang teridentifikasi:

 

  1. Menyebarkan kebohongan dan informasi menyesatkan yang dapat merugikan orang lain.

 

  1. Menyebarkan spam termasuk konten-konten promosi dan marketing diluar isi dan materi yang diperbolehkan oleh benihbaik.com.

 

  1. Mendukung kegiatan terorisme, menebar kebencian, kekerasan, pelecehan, bullying,

diskriminasi, atau intoleransi berkaitan dengan SARA;

 

  1. Perdagangan manusia, ekploitasi manusia dan suap;

 

  1. Pornografi, konten dewasa dan mengandung unsur seksualitas;

 

  1. Bermuatan politik praktis; dan

 

  1. Bertentangan dengan ketertiban umum, kesusilaan, dan peraturan-perundang- undangan yang berlaku.

 

E.        PENARIKAN DANA

 

  • IP dapat meminta request penarikan dana apabila (i) Target donasi yang dikampanyekan telah terkumpul; atau (ii) Target donasi tidak tercapai sebagaimana waktu yang telah ditentukan.

 

  • Tim Benihbaik.com akan melakukan verifikasi dan validasi akun beserta kelengkapan data sebagai syarat penarikan dana yang dilakukan oleh IP;

 

  • Penyerahan dana donasi dapat kirim melalui rekening Inisiator program sendiri atau rekening pihak ketiga. Yang dimaksud dengan pihak ke tiga yaitu keluarga penerima manfaat, penerima manfaatnya langsung atau yayasan penyalur donasi. Pada ketentuan ini, Inisiator program harus menyertakan scan identitas atas nama yang bersangkutan.

 

  • Dana donasi dapat dialihkan sewaktu-sewaktu baik sebagian atau seluruhnya kepada keluarga atau penerima manfaat lainnya atau pihak yang berwenang, baik dengan melibatkan dan/atau tanpa kesepakatan antara IP, Donatur, dan benihbaik.com, apabila ditemukan keadaan sebagai berikut:

 

  1. Penerima manfaat meninggal dunia;
  2. Dana donasi yang terkumpul terbukti merupakan hasil dari kejahatan, pencucian uang dan pendanaan terorisme; dan
  3. Kondisi tertentu lainnya yang menurut benihbaik.com diperlukan pengalihan.

 

F.        BIAYA OPERASIONAL & ADMINISTRASI

 

  • Donasi yang berhasil terkumpul melalui platform benihbaik.com, akan dipotong sebesar 5% (lima persen) sebagai biaya operasional benihbaik.com.

 

  • Biaya administrasi pembayaran donasi yang dikenakan oleh mitra pembayaran benihbaik.com, yaitu sebesar:

 

    1. Dompet Dana 1.5%;
    2. Link Aja 1.5; 3. OVO 1.5%;
    3. Layanan Debit yang langsung terkoneksi dengan rekening bank 1.5 % per transaksi;
    4. Kartu Debit & Kartu Kredit 1.5 % per transaksi;
  • Rekening Virtual – IDR 1.500 per transaksi.

 

  • Dalam hal terdapat pajak, retribusi dan/atau pungutan lainnya yang dikenakan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku terhadap Dana yang diperoleh dari Kampanye, maka benihbaik.com akan menetapkan biaya tambahan sesuai dengan besaran sebagaimana ditentukan peraturan perundang-undangan yang bersangkutan.

KETENTUAN DONASI

 

  1. PERSYARATAN

 

Donatur dapat berdonasi melalui halaman paltform benihbaik.com dengan memberikan informasi dan data yang meliputi:

 

    1. Nama Lengkap;
    2. No. HP/Email; dan
    3. jumlah donasi;

 

Apabila diminta oleh Donatur, penyertaan informasi dan data pribadi dapat dirahasiakan (Anonymous Donation) agar tidak terlihat oleh penerima manfaat maupun publik.

 

B.        KEWAJIBAN

 

  • Mencermati segala informasi, ide dan/atau kampanye penggalangan dana yang dimuat di dalam platform benihbaik.com;

 

  • Berkewajiban tidak melakukan pencucian uang dan pendanaan terorismen dan/atau menggunakan uang yang berasal dari sumber yang tidak sah secara hukum dalam mendonasikan uangnya untuk mendukung ide dan/atau kampanye penggalangan dana yang ada di dalam platform benihbaik.com.

 

 

  • Bertanggung jawab atas donasi yang telah disalurkan dan menyadari konsekuensi bahwa Pemilik Kampanye penggalangan dana berkemungkinan tidak dapat melaksanakan secara sebagian atau sepenuhnya atas kampanye dijanjikan sebelumnya pada kampanyenya;

 

  • Donatur menyadari bahwa benihbaik.com hanya bertanggung jawab sebatas penyaluran donasi kepada IP;

 

C.        METODE PEMBAYARAN DONASI

 

Untuk pembayaran donasi secara online dapat dilakukan dengan layanan pembayaran yang telah bekerjasama dengan benihbaikcom. Adapun beberapa alternatif metode pembayaran yang dapat digunakan oleh Donatur, sebagai berikut:

 

  • Transfer bank;
  • Virtual account;
  • Kartu Kredit visa/master;
  • Debit online visa/master; dan
  • Dompet Elektronik.

  1. REFUND DONASI

 

Benihbaik.com dapat mengembalikan dana donasi kepada Donatur apabila ditemukan keadaan sebagai berikut:

 

  • Kampanye program penggalangan dana diberhentikan oleh benihbaik.com baik dengan atau tanpa persetujuan IP diduga telah terjadi pelanggaran terhadap ketentuan ini dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

 

  • Permintaan IP atau Penerima Manfaat untuk mengembalikan Dana Donasi kepada Donatur.

 

E.        DONASI KHUSUS MENDUKUNG PEMBUATAN PRODUK

 

Setiap Donatur yang berdonasi untuk mendukung pembuatan produk UMKM, donatur berhak memperoleh hasil produk tersebut.

 

KETENTUAN LAIN-LAIN 

 

  1. KEWENANGAN BENIHBAIK.COM

 

    • Tim benihbaik.com berhak untuk melakukan edit/hapus deskripsi kampanye apabila pihak IP mencantumkan nomor rekening selain daripada atas nama YAYASAN BENIH BAIK INDONESIA;

 

    • Tim benihbaik.com berhak untuk melakukan edit/hapus deskripsi kampanye apabila mengandung unsur konten yang dilarang sebagaimana dimaksud dalam ketentuan ini;

 

    • Tim benihbaik.com berhak menolak/menunda verifikasi akun dan pencairan donasi jika belum mendapatkan data-data yang cukup;

 

    • Tim benihbaik.com berhak menolak, menahan atau membekukan dana donasi yang diduga terindikasi sebagai dan korupsi ataupun kejahatan pencucian uang dan pendanaan terorisme.

 

B.        TANGGUNG JAWAB TERBATAS

 

Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab benihbaik.com diterima secara proporsional berdasarkan kedudukan dan peran benihbaik.com sebagaimana yang dimaksud dalam ketentuan ini. Sepanjang diperkenankan oleh hukum yang berlaku, benihbaik.com (termasuk pihak yang terafiliasi dengan benihbaik.com), tidak dapat diminta pertanggungjawaban, atas:

 

    • Segala hal yang diperjanjikan oleh IP/BenihBaik selama masa kampanye penggalangan dana berlangsung.

 

    • Kehilangan dana donasi yang sudah ditarik oleh IP atau yang sudah diterima oleh penerima manfaat yang disebabkan pencurian, penggelapan, perampokkan atapun bentuk kejahatan lainnya dan/atau kehilangan atas kelalaian.

 

    • Penyalahgunaan, penggunaan tanpa izin, pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual yang dilakukan baik IP maupun Donatur;

 

    • Segala kehilangan atau kerusakan langsung, tidak langsung, atau konsekuensial yang ditimbulkan oleh Pengguna sehubungan ketidakmampuan atau kelalaian atau penyimpangan dalam menggunakan layanan dan platform benihbaik.com

 

C.        HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

 

Seluruh data dan/atau konten yang tersedia dalam platform benihbaik.com termasuk namun tidak terbatas pada elemen teknologi, text, visual, dan suara dilindungi oleh Hukum Hak Kekayaan Intelektual (“HKI”).

 

D.        LAYANAN PENGADUAN

 

Pengguna maupun Pengunjung berhak untuk mengajukan Pengaduan kepada benihbaik.com mengenai dugaan dan/atau peristiwa yang diduga menyimpang ketentuan ini, termasuk, namun tidak terbatas pada:

 

    • Informasi yang tidak lengkap, tidak benar, menyesatkan dan/atau merupakan pemalsuan dalam program penggalangan dana yang sedang berjalan;
    • Pelanggaran konten yang dilarang;
    • Dugaan penyalahgunaan penggalangan dana donasi; dan/atau
    • Dugaan pelangaran ketertiban umum, kesusilaan, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku

 

Pengguna maupun Pengunjung dapat secara langsung menghubungi benihbaik.com melalui jaringan komunikasi yang tersedia dalam paltform benihbaik.com. Dengan mengajukan pengaduan, Pengguna maupun Pengunjung menyatakan sepakat dan bersedia untuk dipanggil sebagai saksi untuk dimintakan keterangannya. Bila dipandang perlu inisial pengadu akan dirahasikan.

 

E.        PERLINDUNGAN DATA PENGGUNA

 

Kami menghargai segala data Pengguna yang telah terdaftar dalam layanan benihbaik.com. Oleh karenanya, perlindungan data Pengguna diatur lebih lanjut dalam Kebijakan Privasi.

 

G.        KEADAAN MEMAKSA ( FORCE MEAJURE )

 

Baik Pengunjung maupun Pengguna memahami dan mengerti bahwa Platform dapat berhenti beroperasi dikarenakan adanya keadaan memaksa yang berupa kejadian diluar kemampuan manusia dan/atau tidak dapat dihindarkan seperti adanya peperangan, kerusuhan, kebakaran, bencana alam, permogokan dan bencana lainnya yang dinyatakan oleh instansi berwenang.

 

H.        PILIHAN HUKUM

 

Ketentuan ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia. Segala sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau ketentuan ini akan diselesaikan secara musyawarah, dan menundukkan diri secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

 

F.        PENERAPAN APU-PPT

 

Benihbaik.com tidak menerima, menyimpan, dan menyalurkan dana yang patut diduga terkait dengan kejahatan dan/atau sebagai sasaran kegiatan pencucian uang dan pendanaan terorisme, oleh karenanya kami tunduk pada:

  • Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang; dan
  • Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisem.

PENUTUP

Demikian ketentuan ini ditetapkan dan mengikat bagi Pengguna dan Pengunjung. Ketentuan ini sewaktu-waktu mengalami perubahan, modifikasi, dan pembaharuan untuk mengikuti perkembang operasional dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Segala perubahan, modifikasi, dan pembaharuan yang akan disampaikan kepada Pengguna atau Pengunjung melalui jaringan komunikasi yang tersedia dalam platform benihbaik.com.

BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kominfo BenihBaik.com
Kemensos BenihBaik.com